Tuesday, February 17, 2009

Jangan Lupa Assalamualaikum..

(pindahan dari blogspot, yg kutulis 13 Maret 2008)

Penggemar traveling or siapapun yg berjiwa nomaden alias sering menclak menclok stay di tempat baru, sebaiknya memang tidak melupakan unggah-ungguh alias penghormatan pada penguasa or penghuni setempat. Dalam hal ini penghuni yg “visible” dan juga yg “invisible”.

Yg ‘visible’ so pasti pemilik rumah or pengurus hotel, ga mungkin lah kita selonong boy kucluk kucluk masuk hotel tanpa ngetok Reception.. hehe situ maling bos?.. terus kalaupun di lingkungan rumah tinggal, lebih dari 24 jam kudu lapor Pak RT khan.. rela situ ditangkep Hansip n disuruh tepok nyamuk semaleman di pos ronda ;-p..

Nah jangan lupa juga salam-salam sama penghuni yg ‘invisible’, tiap masuk tempat baru tengok-tengoklah sekeliling dan amati sudut-sudut yg mungkin didiami oleh mereka (terutama symbol adat seperti patung, kain tenun, senjata), yah walaupun kita punya Tuhan yg selalu menjaga kita, tapi ga ada salahnya kok menghormati hak-hak mereka untuk menumpang tinggal di bumi kita ini, toh alamnya berbeda.. iya khan..

Kadang aku terlalu excited berada di satu tempat baru, hingga sering lupa ucap salam. Jaman kecil, waktu nyolong mangga di rumah kosong milik tetangga aku pun lupa say Hi sama anjing penjaganya, dan jadilah aku terbirit-birit di kejar anjing. Sampai setua ini euy, aku masih juga sering lupa ucap salam, yg akhirnya bikin para penghuni (lebih sering sih yg ‘invisible’) jadi ngambek ma aku dan bikin aku feel inconvenience. Kalau udah begini, ga ada lain kita kudu minta maaf juga udah ngacak-ngacak tempatnya.. makanya daripada ribet, mending sebelumnya ucap dulu ‘assalamualaikum’..

1. di Graha Santika Premium Semarang, 2001.. nginep sendiri.. tengah malem kran di bathtub nyala sendiri, kenceng banget.. mo ga mau ngantuk-2 kudu jalan ke kmr mandi, tapi waktu itu gw malah kegeeran gw pikir dibangunin malaikat buat solat malem, hihihi, besoknya baru nyadar n merinding ngeri.. lgs minta pindah kamar..

2. di Polonia Medan, 2006.. gara-2 solat di pojokan ngegusur-2 lampu, bangku dll, rupanya itu tempat doi.. langsung badan gw terasa berat kayak digembolin tas ransel 40Lt.. langsung gw nyadar, gw ajak ngomong aja, 'maap maap ntar gw gak ngutak-ngatik tempat lu lagi deh' n after gw gusur sajadah kesebelahnya baru deh dia cabcus ga ngambek lagi..

3. Danau Atas Bawah, Padang 2008.... gara-2 moto-2 di tempat sunyi sepi itu tanpa permisi n udah jam magrib.. jadi mahluk setempat ngikut di mobil kita, duh susahnya ngeluarin doi.. n sampe sekarang ga ada satu pun foto-2 di tempat ini yg bisa kita buka..tiap usaha ngebuka langsung komputernya error or shut down, dimanapun.. ngeri..

4. Dream Divers Hotel, Gili Trawangan, Lombok 2008... yg ini yg paling heboh.. gara-2 gw main tarik aja kain asesoris tempat tidur buat alas solat.. n solat disamping patung (which is gw baru nyadar pas besoknya Sisca kasih tau ini kain X n itu patung Y.. ehehe).. pas lagi solat itu gw berasa dijorokin ke depan, sampe jatoh, dada gw berat, sama deh kayak ngebawa ransel 40Lt.. ga bisa napas, langsung pindah solat duduk di tmpt tidur sambil nangis panggil-2 nama Allah.. baca-baca doa terus sampe ketiduran.. n ama sisca dibalurin kayu putih.. besok paginya Alhamdulillah ilang total..

Huaahhh... percaya ga percaya.. but they are really exist..

No comments:

Post a Comment