Saturday, August 6, 2005

[Journey] Agustusan di Peucang Island - 2004

Wiken kemarin ini (14-16 Agt) bener-2 jadi Weekend of the Year buat gw… gw berdua Yeyen ke Pulau Peucang di Ujung Kulon sana ikutan rombongan anak Nature Trekker.. fiuuu amazing banget pantainya.. pasirnya putih bersih (lebih putih dari pasir putih yg di jawa timur or dreamlandnya bali), tapi lembuuutt banget (selembut hati gue gituu lho), kalo ga takut masuk angin sih pengennya tidur di pantai aja beralas pasir.. airnya juga bersih banget, ombaknya tenang (setenang lovina tapi yg ini lebih manteb).. kita main-2 di tempat yang sepaha gw gitu aja, kanan kiri gw ikan nan cantik berseliweran .. mungkin masih kalah sama ambon or bunaken tapi gw ga nyangka laut jawa juga punya kekayaan secantik itu.. enaknya lagiii tak ada pedagang!! yg ngrusuhin di sepanjang pantai..

Pulaunya sendiri sih cuma kecil, cuma sekitar 450 hektaran.. konon pulau ini sempet kerendam pas krakatau meletus ratusan tahun lalu (terbukti pas kita nyusur hutan kita bisa nemu serpihan karang laut & pasir di tengah hutan).. tapi sungguh Tuhan punya rahasia.. aneh juga di pulau yang pernah terendam ini bisa hidup binatang-2 macam rusa, kancil, merak, celeng, biawak, phyton n surely sodara kita – monyet!! Uh uh ah uh… ini yg gw sebutin cuma yg gw ikut liat or temen di rombongan kita yang nemuin.. tapi konon masih banyak lagi… di depan penginapan kita aja rusa & monyet mondar-mandir kayak setrikaan, entah buat minta makan or fashion show niatnya..

Masih jarang yg tau pulau ini.. yg sering dateng sih orang Jepang or bule.. buat kesana tuh kita berangkat dari Jakarta jam 7an, bermobil ke daerah Sumur (Tanjung lesung kesana lagi deh) + 6 jam, trus dari Sumur naik perahu cilik ke tengah laut n dari tengah laut kita naik kapal motor yg gedean dikit.. berlayar + 3,5 jam baru deh sandar di dermaganya Peucang.. katanya sih kalo org Jepang itu perginya naik Yacht dari Anyer + 3 jam doank .. tapi yah mahal lah yauw, ga asik..

Temen seperjalanan gw tumplek dari bermacam asal usul n usia, kita ber-32 , umumnya gawe n cukup mapan.. sebagian besar pikirannya sama.. udah lelah banget sama hari-2 di Jakarta yg serba cepat, penuh polutan, bikin stres, penuh basa-basi tanpa ketulusan.. n pingin nikmatin alam buat nemuin keseimbangan hidup, supaya kelak lebih sabar, arif dan bijaksana .. cieh sedapp.. Penyelenggaranya anak Nature Trekker tuh juga pro banget deh ngerancang acaranya sehingga kita bener-2 bisa jadi penikmat alam yg TAK merusak.. gw iri banget ngeliat mereka (Andre, Igo, Agus), kelihatan banget jiwa-2 mereka damai, penuh toleransi, kasih sayang terhadap sesama n sabaaarrrr banget…

Hari –1, berhubung kita sampe udah sore (jam 5) jadi after taruh barang-2 di penginapan, kita langsung naik kapal lagi ke daerah Cidaon (masih pulau Jawa), masuk hutan buat ngeliat banteng-banteng merumput di padang rumput yg luas (tapi dikelilingin hutan gitu lho).. banteng2nya masih liar tapi ga galak malahan takut sama orang.. beda banget sama bantengya Mbak Mega yg makanannya tepung keluaran bogasari sampe moncongnya putih semua gitu hehe.. trus pas udah magrib kita balik deh ke peucang, makan n malemnya tiduran di dermaga ngeliat bintang-2 bertaburan di langit yg indah.. sumpah langitnya tuh bersih berkilauan banget…

-- Green Savana, photo by Yeyen --

Hari kedua, pagi-2 banget kita nyebrang lagi ke pulau jawa, ke daerah Cibom (masih masuk taman nasional ujung kulon juga) buat liat mercu suar.. trekking + 1,5 jam masuk hutan yg pohonnya guede-guede bangget (kalah deh kebon raya bogor) n nyamuknya juga gede berwarna ijo (trendy banget ga sih).. buat gw yg ga pernah 'jalan kaki' lagi 10 tahun terakhir kecuali ke mall, sumpah capek banget mana jalannya pada ngebut sakhing excitednya ngeliat ijo-ijo.. belum lagi kita ber-12 sempet nyasar (kejauhan), ngelewatin medan yg cukup berat, naik turun yg curam banget.. tapi begitu ngeliat yg namanya tanjung layar tuh keren banget, tebingnya kayak Jurassic Park.. mercu suarnya udah cukup tua juga (belum pake tutup kayak yg di anyer) tapi pemandangan n anginnya uhhh uenak tenan.. pas perut udah keroncongan baru deh kita jalan balik, nyebrang lagi ke pulau peucang buat makan siang (siangggg banget, tapi tumben lho biasanya kan gw kalo kelaparan dikit aja tuh jadi galak yah, bisa nyakar.. kali ini gaaa lho malah masih nyanyi-2 di atas kapal).

-- Trekking at Cibom, with Yeyen --
-- Tanjung Layar --

-- The edge of Java Island, south west --

Sorenya jam 4an kita trekking lagi tapi cuma di dalem pulau buat ngeliat sunset di karang copong, sebelah baratnya peucang.. masuk hutan lagiii jalan lagiiii.. ternyata hutan di peucang juga pohonnya gede-2, kayaknya dah ribuan tahun deh (makanya gw bingung gimana logikanya ini pulau pernah kerendem gitu lhow).. di kanan kiri ada rusa yg malu-malu mengintip or binatang lain yg langsung blezz kabur gara-2 kita jalannya brisik banget kayak ratusan tentara lagi baris brak bruk brak bruk … sekitar 1 jam kita sampe deh di karang copong, aduh pantainya tuh paduannya kuta lombok & uluwatu.. pasir putih bulet-2 n karangnya kayak kuta lombok tapi lebih bersih.. bintang laut bertebaran dimana-mana, udang, ikan.. ombaknya juga ga galak…tebing-2nya kayak uluwatu.. pas kita naik ke tebingnya, cantiiiik banget pemandangannya, I love the blue of Indonesia banget deh (mirip-2 view di senggigi atas tapi yg ini kesannya lebih laut lepas).. abis ngeliat mataharinya terbenam kita sibuk jadi pemulung, ngumpulin batu2an warna-warni di pantai itu… walaupun pas pulang kita bergelap-gelap nyasar di hutan sampe 3x muter-muter (padahal dah ditemenin ama polisi hutan) tapi tetepp bersemangat…

-- Karang Copong, photo by Sugi --

-- Roommate --

Hari-3… aduh maleessss banget menyambut kedatangan hari ketiga… soalnya hari itu kita pulang ke Jakarta… pagi-2 sebelum sarapan masih sempet lari2an main pasir di pantai.. foto-2 ala Cleopatra lagi lulur pake pasir barengan Titi, Irma, Iyus, Usep.. sementara ditepian pantai Sisca sibuk bikin benteng pasir sendirian (biar udah dicelain autis ama anak-2 dia tetep cuek aja).. pas berlayar balik, di tengah laut gw cuma bisa berpikir… gimana kalo Tuhan ga kasih gw mata sehingga gw ga bisa liat tempat seindah ini oh betapa sedihnya..terima kasih Tuhan.. trus gw mikir lagi kasihan sekali Indonesia yg indah ini selalu tersia-sia, pasir laut dijual, pulau ditutup buat sampah impor.. duh merananya…

-- at the Island pier --
 -- white sandy beach, photo by Sugi --

Di perjalanan pulang di bis kita rame-2 nyanyi lagu 17 agustus… di dalam hati gw juga masih tetep nyanyi.. Tanah airku Indonesia, Negeri Elok amat kucinta, Tanah tumpah darahku yang mulia, Yang kupuja sepanjang masa….
Eh tau-2 pas sampe rumah, anak-2 AFI juga pada nyanyi lagu Tanah airku tidak kulupakan… kan kukenang sepanjang hidupku…
Aduh emang liburan tuh enak banget… apalagi temennya asik-asik… trus pulangnya beli otak-otak yg gurih banget…. Selamat Ulang Tahun Indonesiaku.. Merdeka !

1 comment:

1. Dermaga? Masa sih? Kok nda ketemu? Gw, Yeyen & Ratna- kan di kapal...?